Masuk Euro4, Isuzu Jadi Harapan Indonesia Tembus Pasar Australia
Terbit : April 1, 2020 | Kat : Berita Terbaru | 0

Masuk Euro4, Isuzu Jadi Harapan Indonesia Tembus Pasar Australia

Pabrikan kendaraan komersial di Tanah Air tengah bersiap diri menyambut standar emisi Euro4. Begitu juga dengan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang mengklaim produknya sudah siap naik kelas, untuk mengikuti ambang batas gas buang terbaru sesuai aturan pemerintah tersebut.

Namun, penerapan Euro4 di Indonesia bisa dibilang terlambat. Pasalnya, beberapa negara bahkan di wilayah Asia Tenggara, seperti Thailand sudah diberlakukan sejak 2012, Filipina 2016, dan Vietnam 2017.

Meskipun begitu, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Republik Indonesia (RI), Putu Juli Ardika menjabarkan masalah penerapan Euro4 ini tidak hanya terkait dengan emisi dan produksi, tapi juga investasi.

“Kenapa saya bilang masalah investasi? Jadi kita itu oleh investor dipakai pusat pengembangan gasoline (premium). Jadi, karena mereka duluan (Thailand) memberlakukan Euro4, investasi pengembangan mesin diesel di Thailand,” jelas Putu, dalam Diskusi Pintar Bersama Isuzu dan Kementerian Perindustrian, di GIICOMVEC, JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Diakui, Indonesia memang terlambat dalam memberlakukan standar emisi yang lebih ramah lingkungan ini. Tapi, dengan mandatory Euro4 ini, diharapkan mampu meningkatkan industri otomotif, tidak hanya untuk pasar lokal tapi juga ekspor.

“Jangka pendeknya lagi, dengan Euro4 dan Euro5 nantinya, kita minta Isuzu berkontribusi ke Australia di segmen truk. Itu yang mau didiskusikan dengan prinsipal Isuzu. Ekspor ini untuk jenis truk, yang memang pasarnya Australia, dan itu yang paling memungkinkan,” tegasnya.

Sumber : Liputan6.com

Related Post
Promo Beli Isuzu MU-X
Terbit : 1 April 2020

Promo Beli Isuzu MU-X

Beli Isuzu MU-X #Dirumahaja Bebas Jasa Service Selama 4 Tahun Free Voucher Belanja 5 jt* Paket Leasing DP Ringan* Free Insurance* Periode Program April – Juni 2020 Info lebih lanjut?...
Produksi Kendaraan Niaga Isuzu Indonesia Dibayangi Virus Corona
Terbit : 1 April 2020

Produksi Kendaraan Niaga Isuzu Indonesia Dibayangi Virus Corona

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai agen pemegang merek kendaraan Isuzu di Tanah Air turut mewaspadai penyebaran virus Corona atau Covid-19. Pasalnya, Isuzu masih mengandalkan beberapa komponen yang didatangkan...
0 Komentar